Bagaimana Metaphor: ReFantazio Menyeimbangkan Kembali Sistem Kalender Seri Persona

 

Menjelang peluncuran Metaphor: ReFantazio, banyak diskusi seputar judul tersebut berpusat pada bagaimana game tersebut akan membedakan dirinya dari karya sutradara Katsura Hashino sebelumnya pada waralaba Persona. Sebagai proyek orisinal pertama dari divisi pengembangan baru Hashino, Studio Zero, sebagian besar berharap bahwa Metaphor: ReFantazio akan memiliki setidaknya beberapa elemen yang sama dengan waralaba Persona, dan harapan tersebut akhirnya terbukti benar. Namun, alih-alih berpuas diri sebagai versi fantasi Darmono4D Persona, Metaphor: ReFantazio menata ulang dan menciptakan kembali banyak elemen khas seri tersebut, termasuk sistem Kalender yang telah menjadi kerangka waralaba tersebut sejak Persona 3.

Dimulai dengan Persona 3, alur permainan inti dari waralaba Persona telah dipandu oleh sistem Kalender. Sistem Kalender, baik sebagai panduan untuk membantu pemain mengatur waktu mereka maupun elemen pendorong di balik kehidupan sehari-hari sang protagonis dan sekutunya, merupakan pedang bermata dua. Meskipun ada banyak pemain yang menyukai panduan dan struktur yang disediakan sistem ini, ada beberapa yang merasa tidak suka dengan waralaba ini karena merasa terpojok atau kehilangan elemen tertentu yang diberlakukan oleh sistem Kalender. Meskipun sistem Kalender masih ada di Metaphor: ReFantazio, permainan ini dengan cerdas menyeimbangkannya kembali demi kepentingan pemain.

Sistem Kalender Tidak Pernah Terasa Menindas dalam Metafora: ReFantazio

Dalam hal cara kerja sistem Kalender di Metaphor: ReFantazio, sistem ini seharusnya langsung terasa familier bagi penggemar seri Persona. Sebagian besar hari dimulai dengan protagonis dan sekutunya mendiskusikan strategi sebelum beralih ke segmen pertama dari dua segmen yang dikendalikan pemain, di mana mereka bebas melakukan aktivitas apa pun yang tersedia. Pada hari-hari khusus dengan segmen yang digerakkan oleh cerita atau tenggat waktu yang telah ditentukan sebelumnya, pemain memiliki tujuan tertentu yang harus dikunjungi atau misi yang harus diselesaikan, yang memberi pemain panduan bermanfaat tentang kapan poin plot utama akan terjadi dan memberikan beberapa insentif untuk memastikan kelompok tersebut cukup bertenaga pada tanggal tersebut.

Metaphor berbeda dari seri Persona karena menyediakan banyak waktu bagi pemain untuk menyelesaikan berbagai aktivitas di antara misi cerita utama, yang sering kali berminggu-minggu atau bahkan sebulan penuh. Lebih jauh lagi, dungeon utama dapat diselesaikan secara bertahap dan kembali lagi di lain waktu seperti di Persona, tetapi dungeon yang lebih kecil untuk Bounties dan misi sampingan lainnya biasanya hanya memerlukan waktu satu hari untuk dikunjungi dan dijelajahi. Demikian pula, jika pemain berfokus untuk menggunakan satu hari untuk membangun Bonds dengan sekutu atau memperkuat Kingly Virtues, mereka dapat membuat kemajuan yang berarti dalam satu hari dan tetap tidak merasa kehilangan hal penting apa pun berkat betapa pentingnya kedua aktivitas tersebut untuk mengembangkan pohon Archetype.

Kembalinya Peristiwa Cuaca Persona 4 Menambahkan Lapisan Strategi ke Kalender Metaphor

Setelah absen dari Persona 5, peristiwa cuaca yang menjadi faktor dalam sistem Kalender Persona 4 kembali hadir di Metaphor: ReFantazio. Berbagai peristiwa cuaca ini tidak hanya menambah lapisan strategi yang menarik pada perencanaan pra-penjara bawah tanah yang melampaui penyusunan komposisi kelompok dan pemilihan Arketipe, tetapi juga menyeimbangkan waktu tambahan yang diberikan Metaphor kepada pemain dengan menambahkan mekanisme risiko/hadiah. Selama hari-hari dengan cuaca buruk, musuh memberikan lebih banyak kerusakan dan pemain tidak mendapatkan giliran ekstra untuk mengeksploitasi kelemahan mereka dalam pertempuran. Kompensasinya adalah kelompok tersebut mendapatkan lebih banyak pengalaman.

Dengan lebih banyak waktu yang diberikan kepada pemain dan penambahan peristiwa cuaca, pemain memiliki lebih banyak kebebasan untuk menentukan ke mana mereka akan pergi dan kapan mereka akan melakukannya. Jika karakter tidak cukup siap untuk menghadapi serangkaian musuh yang sangat menantang dengan kesehatan ekstra dan tanpa giliran ekstra, pemain dapat memilih untuk menghabiskan hari dengan memperkuat Bonds dan Kingly Virtues, kembali berpetualang nanti saat cuaca memungkinkan tanpa merasa seperti mereka dipaksa untuk melakukan pengorbanan yang sulit. Metaphor agak menghilangkan FOMO Darmono Toto Macau dari seri Persona dengan penerapan sistem Kalender, dan sebagai hasilnya, pengalamannya menjadi lebih mudah diakses.

Comments

Popular posts from this blog

Arteezy Berbicara Tentang Keadaan Buruk NA Dota 2

Diablo 4 World Bos Yang Didesign Untuk 12 Pemain Hampir Dihancurkan Seorang Rogue

Battle Pass Pertama Diablo 4 Tidak Memberi Anda Cukup Platinum Untuk Membeli Apa Pun